cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 22 Documents clear
Pengaruh Lokasi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik ke Mata Air Tembeling, Nusa Penida Elfira Damayanti; Denok Lestari; I Ketut Muliadiasa
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.343

Abstract

Lokasi dan motivasi wisata mampu memberikan pengaruh terhadap tingkat keputusan berkunjung wisatawan ke Mata Air Tembeling. Penelitian tersebut dilakukan untuk menganalisis : 1) pengaruh lokasi terhadap.keputusan.berkunjung.wisatawan.domestik.ke Mata Air Tembeling, 2) pengaruh motivasi wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling, 3) pengaruh lokasi dan motivasi wisata terhadap keputusan wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif sedangkan teknik penetuan sampel.yang digunakan yaitu purposive sampling. Kriteria responden adalah yang sudah pernah berkunjung maupun yang sedang berkunjung ke Mata Air Tembeling. Penelitian ini mengambil 100 responden dengan cara memperoleh data melalui penyebaran kuesioner dan studi literatur. Sementara pengujian instrumen dilakukan dengan uji.validitas dan uji.reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Lokasi bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling, 2) Motivasi wisata bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling, 3) lokasi dan motivasi wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling. Berdasarkan analisis data, lokasi memberikan pengaruh sebesar 3,69%, dan motivasi wisata berpengaruh sebesar 7,19%. Dapat dikatakan motivasi wisatawan berpengaruh dominan terhadap keputusan berkunjung. keduanya memberikan pengaruh sebesar 66,9% serta sisanya dipengaruhi variabel lainnya. The decision level of visitors visiting Tembeling Springs may be influenced by the location and purpose of tourism. The study was conducted to analyze: 1) The effect of location on the decision of domestic tourists to visit Tembeling Springs, 2) the impact of tourist motivation on the decision of domestic tourists to visit Tembel Springs 3) The impact of geography and tourism motivation on domestic tourists' decision to visit Tembeling Springs. This study is quantitatively descriptive, and the sample strategy employed is purposive sampling. Those who have visited or are currently visiting Tembel Springs qualify as respondents. This study collected data from 100 participants via questionnaires and a review of the relevant literature. In the meantime, the testing of the instruments was undertaken using the validity and reliability tests, whereas the data analysis technique employed the classical assumption test, multiple linear regression analysis, and descriptive statistics. The findings indicated that : 1) The location of Tembeling Springs has a good impact on the decision of domestic tourists to visit the destination, 2) Positive tourism motivation has a substantial impact on the decision of domestic tourists to visit Tembeling Springs, 3) The decision of domestic tourists to visit Tembeling Springs is heavily influenced by geography and tourist motive. Location has an effect of 3.69 percent, whereas tourism motive has an effect of 7.29 percent, according to data research. It might be claimed that tourist motive has the greatest impact on visitation choices. Both have a 66.9% impact, while the remainder is impacted by other variables.
Strategi Pengelolaan Objek Wisata Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar Pada Pandemi Covid-19 Galan Dion Permadi; Putu Eka Wirawan; Ni Made Ayu Sulasmini
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.344

Abstract

Semenjak terjadi wabah Covid-19 yang di Indonesia tahun 2020 awal sektor pariwisata Indonesia mengalami penurunan dimana-mana tidak terkecuali di Bali. Sebagai salah satu sektor bisnis yang banyak menghasilkan lapangan pekerjaan karena mampu menampung tenaga kerja yang sangat besar, pariwisata dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai entitas yang dirugikan. Pengaruh pandemi covid-19 ini menyebabkan Pura Tirta Empul mengalami penurunan wisatawan sehingga membuat para pelaku wisata untuk berlomba menariw wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah yaitu mengetahui dampak positif dan negatif pandemi covid-19 terhadap objek wisata Pura Tirta Empul, serta pengelolaan strategis. Teknik yang digunakan adalah Non-probability sampling. Sampel penelitian yaitu pengelola dan masyarakat sekitar sebanyak enam orang. Data penelitian bersifat kualitatif berupa dampak positif dan negatif pandemi Covid-19 terhadap dampak pariwisata Tirta Empul diperoleh dari wawancara, pengamatan, pemotretan, perekaman. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 bagi wisata Tirta Empul adalah perkenomonian masyarakat menjadi turun. Dampak positif yaitu masyarakat menginstropeksi dan lebih mawas diri. Upaya-upaya yang dilakukan diantaranya adalah gencar mempromosikan objek wisata Tirta Empul ke sektor-sektor pariwisata stakeholder terutama travel agen dan hotel-hotel. Hal tersebut dilakukan dengan bekerjasama antar pengelola objek wisata Tirta Empul, desa adat dan pemerintah. Masyarakat juga mengelola lahan yang ada dengan melakukan kegiatan positif seperti menanam sayuran. Covid-19 pandemic in Indonesia since early 2020, the Indonesian tourism sector Since the Covid-19 outbreak in Indonesia in early 2020, the Indonesian tourism sector has decreased everywhere, including in Bali. As a business sector that generates many jobs because it is able to accommodate a very large workforce, tourism is considered by some people as an entity that is disadvantaged. The influence of the COVID-19 pandemic has caused Tirta Empul Temple to experience a decline in tourists, making tourism actors compete to attract tourists. The purpose of this study was to determine the positive and negative impacts of the COVID-19 pandemic on the Tirta Empul Temple tourist attraction, as well as strategic management. The technique used is Non-probability sampling. The research sample is the manager and the surrounding community as many as six people. Qualitative research data in the form of positive and negative impacts of the Covid-19 pandemic on the impact of Tirta Empul tourism were obtained from interviews, observations, photo shoots, recordings. The negative impact caused by the COVID-19 pandemic for Tirta Empul tourism is that the community's economy has decreased. The positive impact is that people introspect and are more introspective. Efforts made include intensively promoting the Tirta Empul tourist attraction to the tourism sectors of stakeholders, especially travel agents and hotels. This is done in collaboration between the managers of the Tirta Empul tourist attraction, traditional villages and the government. The community also manages the existing land by carrying out positive activities such as planting vegetables.
Kajian Penerapan Setandard Oprating Procedure di Kitchen Bali Hai Cruice Benoa Dewa Putu Septiana Putra; Deden Ismail; Bondan Pambudi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.346

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara Standard Operational Procedure yang berlaku dengan penerapan.Standard Operating Procedure merupakan pedoman tertulis yang berisi serangkaian prosedur kerja operasional Suatu organisasi agar berjalan efektif, serta mencapai sasaran atau target yang telah ditetapkan.Penelitian ini berlokasi di Bali Hai Cruise Benoa. Pada Standard Operating Procedure di Kitchen Bali Hai Cruise Benoa penyimpanan bahan makanan berpengaruh terhadap pengolahan bahan makanan, kualitas makanan dan penyajian bahan makanan tersebut.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “bagaimana kajian penerapan Standard Operating Procedure(SOP) di kitchen Bali Hai Cruise Benoa”. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan doumentasi kepada karyawan atau staff kitchen Bali Hai Cruise Benoa.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Binomial. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara keseluruhan penerapan Standard Operating Procedure (SOP) di kitchen Bali Hai Cruise Benoa telah memenuhi standard dan persyaratan yang berlaku. This research is research that aims to determine the compatibility between the applicable Standard Operating Procedures and implementation. Standard Operating Procedures are written guidelines that contain a series of operational work procedures for an organization to run effectively, and achieve the goals or targets that have been set. This research is located in Bali Hi Cruise Benoa. In the Standard Operating Procedure at Kitchen Bali Hai Cruise Benoa food storage affects the processing of food ingredients, food quality and presentation of the food ingredients. in the Bali Hi Cruise Benoa kitchen.” This study uses quantitative and qualitative data, data obtained through the distribution of questionnaires and documentation to employees or staff of the Bali Hai Cruise Benoa kitchen. The analysis used in this study is binomial analysis. The results of this study state that overall the implementation of the Standard Operating Procedure (SOP) in the Bali Hai Cruise Benoa kitchen has met the applicable standards and requirements.
Pengaruh Pelatihan dan Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di Noaa Social Dining Seminyak Kuta I Gusti Agung Ayu Intan Sinta Dewi; Deden Ismail; I Gusti Ayu Melistyari Dewi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.347

Abstract

Pelatihan dan Kepemimpinan sangat penting untuk produktivitas kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan. Penelitian dilakukan pada bulan oktober hingga bulan April 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Staff Noaa Social dining Seminyak Kuta dengan sampel 30 orang dengan Teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yaitu regresi linier berganda. Permasalahan yang akan diteliti adalah; (1) bagaimanakah pengaruh pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan di Noaa Social dining Seminyak? (2) Bagaimanakah pengaruh kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan di Noaa Social dining Seminyak Kuta? Dan (3) bagaimanakan pengaruh pelatihan dan kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan di Noaa Social dining Seminyak Kuta? Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Produktivitas dengan Y. Adapun dimensi kepemimpinan yang berpengaruh adalah Katalisator dan Bersikap Menghargai dan dimensi yang tidak berpengaruh adalah Bersifat adil, Memberi sugesti, Mendukung tujuan, Menciptakan rasa aman, Sebagai wakil organisasi dan Sumber inspirasi. Training and Leadership is very important for work productivity. The purpose of this study was to determine the effect of training and leadership on employee productivity. The research was conducted from October to April 2021. The population in this study were all Noaa Social dining Seminyak Kuta staff with a sample of 30 people using a saturated sampling technique. The data analysis technique is multiple linear regression. The problems to be studied are; (1) what is the effect of training on employee work productivity at Noaa Social dining Seminyak? (2) How does leadership affect employee work productivity at Noaa Social dining Seminyak Kuta? And (3) what is the effect of training and leadership on employee work productivity at Noaa Social dining Seminyak Kuta? The results of the study show that Leadership (X2) has a partially significant effect on Productivity with Y. The influential dimensions of leadership are Catalyst and Appreciative and dimensions that are not influential are Fair, Giving suggestions, Supporting goals, Creating a sense of security, As an organizational representative and a source of inspiration.
Analisis Menu A’la Carte di Mase Uma Kitchen & Bar Umalas Seminyak Bali I Gusti Ngurah Agung Oka Saputra; Firlie Lanovia Amir; I Gusti Ayu Eka Suwintari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.348

Abstract

Pulau Bali adalah salah satu bagian dari kepulauan Indonesia yang memilikipotensi pariwisata.Pengembangan daerah tujuan wisata memerlukan saranaakomodasi yang memadai. Salah satu sarana akomodasi tersebut adalah restoran. Dalam dunia usaha restoran pada saat ini, tingkat kepopuleran dan profitabilitas pada sebuah makanan sangat penting untuk di jaga hal tersebut adalah merupakan suatu masalah yang dihadapi oleh para pengusaha restoran. Untuk dapat mempertahankan kepopuleran dan profitabilitas sebuah makanan maka diperlukan analisis menu yang efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana performa Menu A’la Carte di Mase Uma Kitchen & Bar Umalas jika diukur berdasarkan tingkat popularitas dan profitabilitas. Penyelesaian masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tenik menu engineering. Penelitian ini menganalisis menu a’la cartedi Mase Uma Kitchen & Bar. Analisis yang dilakukan menggunakan teknikmenu engineering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari klasifikasi menu a’la carte di Mase Uma Kitchen & Bar menggunakan metode menu engineering adalah dari jumlah 32 item menu, 7 item atau 21,87% termasuk dalam kategori star, 12 item atau 34,37% termasuk dalam kategori plowhorse, 5 item atau 18,75% termasuk dalam kategori puzzle, 8 item atau 25% termasuk dalam kategori dog. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa item menu dengan kategori dog masih tinggi dan memiliki selisih yang tidak jauh dengan kategori star, plowhorse dan juga puzzle. Hal ini menunjukkan performa menu di Mase Uma Kitchen & Bar belum cukup bagus dan perlu dilakukan analisis menu secara rutin untuk menaikkan pendapatan di Mase Uma Kitchen & Bar. The island of Bali is one part of the Indonesian archipelago that has tourism potential. Development of tourist destinations requires adequate accommodation facilities. One of the accommodation facilities is a restaurant. In today's restaurant business world, the level of popularity and profitability of a food is very important to maintain, this is a problem faced by restaurant entrepreneurs. To be able to maintain the popularity and profitability of a food, an effective menu analysis is needed. The problem in this study is how the performance of the A'la Carte Menu at Mase Uma Kitchen & Bar Umalas is measured based on the level of popularity and profitability. The solution to the problem in this research is to use the engineering menu technique. This study analyzes the a'la carted menu at Mase Uma Kitchen & Bar. The analysis was carried out using menu engineering techniques. The results showed that the results of the a'la carte menu classification at Mase Uma Kitchen & Bar using the menu engineering method were from a total of 32 menu items, 7 items or 21.87% included in the star category, 12 items or 34.37% included in the star category. plowhorse category, 5 items or 18.75% included in the puzzle category, 8 items or 25% included in the dog category. Based on the results of the analysis, it can be seen that the menu item in the dog category is still high and has not much difference from the star, plowhorse and puzzle categories. This shows that the menu performance at Mase Uma Kitchen & Bar is not good enough and it is necessary to do regular menu analysis to increase revenue at Mase Uma Kitchen & Bar.
Pengaruh Motivasi dan Pemberian Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan di Hotel Four Points By Sheraton Bali Seminyak I Putu Aditya Dharmadi; Komang Shanty Murni Parwati; Komang Ratih Tunjungsari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.349

Abstract

Loyalitas karyawan sangat penting bagi pertumbuhan produktivitas perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Loyalitas Karyawan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Jumlah sampel diambil sebanyak 65 orang. Teknik ini menggunakan metode teknik quota sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis ini dilakukan pada tingkat signifikansi 5%. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa motivasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap loyalitas karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan manajemen dapat meningkatkan loyalitas karyawan dalam bentuk memberikan bonus atau reward, memberikan kompensasi kepada karyawan yang bekerja secara over time. Employee loyalty is very important for the growth of company productivity. The purpose of this study was to determine the significance of the effect of motivation and compensation on employee loyalty. The population in this study were 77 people. The number of samples taken as many as 65 people. This technique uses the quota sampling technique method. The data analysis technique used multiple linear regression. This hypothesis testing was carried out at a significance level of 5%. This study shows the results that motivation and compensation have a positive and significant effect simultaneously and partially on employee loyalty. Based on the results of this study, it is expected that management can increase employee loyalty in the form of giving bonuses or rewards, providing compensation to employees who work over time.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramusaji Terhadap Loyalitas Pelanggan di Restoran Hotel Daun Bali I Wayan Yoga Pratama; I Nyoman Sudiarta; Gusti Ayu Praminatih
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.352

Abstract

Pariwisata erat hubungannya dengan pelayanan. Termasuk pada pelayanan makanan dan minuman yang ada dalam akomodasi itu sendiri, dimana pada sebuah restoran kualitas pelayanan pramusaji sangat penting agar dapat melayani tamu dan membuat tamu merasa nyaman serta merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Pada sebuah restoran kualitas pelayanan pramusaji sangat penting agar dapat melayani tamu dan membuat tamu merasa nyaman serta merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang baik akan memberikan beragam keuntungan pada usaha mengingat kepuasaan tamu telah mampu dicapai secara menyeluruh. Berdasarkan hal tersebut kemudian dibuatlah penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan pramusaji terhadap loyalitas pelanggan di Restoran Daun Bali Hotel. Penelitian ini berbentuk korelasional yang menggunakan variabel bebas kualitas pelayanan yang terbentuk dari indikator sebuah pelayanan seperti tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty sebagai sebuah variabel bebas dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sedarhana, dan teknik pengumpulan data sekunder dalam penelitian ini kemudian menggunakan kepustakaan dan dokumentasi sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh dari Y = Loyality = 0,471 dengan sig. = 0,001 < 0,05 (sangat nyata). Analisis Determinasi dari pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 22,2 persen dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain, persamaan regresi linier tersebut untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil tersebut kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa variabel X (kualitas pelayanan) sangat berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan). Tourism is closely related to service. Including the food and beverage service that is in the accommodation itself, where in a restaurant the quality of waiter service is very important in order to be able to serve guests and make guests feel comfortable and satisfied with the services provided. In a restaurant, the quality of waiter service is very important in order to serve guests and make guests feel comfortable and satisfied with the services provided. Good service will provide various benefits to the business considering that guest satisfaction has been able to be achieved as a whole. Based on this, this research was then made, this study aims to determine how the influence of the service quality of waiters on customer loyalty at the Daun Bali Hotel Restaurant. This research is in the form of correlation that uses the independent variable of service quality which is formed from indicators of a service such as tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy as an independent variable and customer loyalty as the dependent variable. Collecting data using a Likert scale questionnaire. with data analysis techniques using simple linear regression analysis, and secondary data collection techniques in this study then use literature and documentation as data sources. The results of this study indicate that the simple linear regression equation obtained from Y = Loyalty = 0.471 with sig. = 0.001 &; 0.05 (very real). Determination analysis of the effect of service quality on customer loyalty is 22.2 percent and the rest is influenced by other variables, the linear regression equation is to measure the effect of service quality on customer loyalty. From these results, it can be concluded that the variable X (quality of service) has a significant effect on the variable Y (customer loyalty).
Analisis Proses Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan di Kayumanis Jimbaran Private Estate and Spa Ida Bagus Ari Artha Kusuma Manuaba; I Wayan Eka Sudarmawan; Komang Shanty Muni Parwati
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.353

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya suatu proses rekrutmen dan proses seleksi karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses rekutmen dan proses seleksi yang dilakukan di Kayumanis Jimbaran Private Estate and Spa. Teknik analisis data yang dilakukan dalam bentuk data deskriftif kualitatif dan metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses rekrutmen yang dilakukan mulai dari melakukannya Perencanaan Sumber Daya Manusia dari Departement Head hingga membuka lowongan pekerjaan yang di mulai dari internal perusahaan keudian hingga ke eksternal perusahaan melalui situs – situs online yang terpercaya dan media sosial, melakukan wawancara pertama bersama HRD untuk melakukan proses rekrutmen dan pengenalan. This research is behind the importance of a recruitment process and employee selection process. The purpose of this research is to know how the recruitment process and selection process are done at Kayumanis Jimbaran Private Estate and Spa. Data analysis techniques are done in the form of qualitative descriptive data and data collection methods used are interviews and documentation. The results of this study showed that the recruitment process started from doing so human resources planning from Departement Head to open a job vacancy that started from internal corporate finance to external company through trusted online sites and social media, conducted the first interview with HRD to conduct recruitment process and introduction.
Strategi Pemasaran di Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar Kadek Ayu Chintya Dewi; I Made Trisna Semara; Ni Putu Isha Aprinica
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.355

Abstract

Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar merupakan sebuah kedai kopi yang berlokasi di Jl. Teuku Umar Barat No.157, Padangsambian, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali. Starbucks merupakan coffee shop yang memiliki banyak gerai di Indonesia maupun Dunia, Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar satu-satunya gerai Starbucks di Bali yang mempunyai sistem layanan tanpa turun (drive thru). Analisa Strategi pemasaran dan mengetahui strategi pemasaran yang digunakan dengan menggunakan metode analisis SWOT merupakan metode analisis penulis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Penelitian ini juga dilakukan dengan cara metode SWOT, mencari faktor eksternal maupun internal perusahaan dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS, mengetahui posisi perusahaan dalam kuadran SWOT, serta mencari tau strategi alternative yang digunakan dalam perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tentang identifikasi dari ke-7 elemen bauran pemasaran (marketing mix) yang dimiliki oleh Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar berada di kuadran I (satu). Posisi ini menandakan bahwa Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar merupakan perusahaan yang kuat dan berpeluang. Strategi yang disarankan adalah strategi agresif (growth-oriented strategy) yang berarti memanfaatkan layanan tanpa turun (drive thru) dan Starbucks Reward Card yang dimiliki Starbucks untuk mendatangkan customer di masa pandemi COVID-19. Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar is a coffee shop located on Jl. Teuku Umar Barat No.157, Padangsambian, Kec. West Denpasar, Denpasar City, Bali. Starbucks is a coffee shop that has many outlets in Indonesia and around the world, Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar is the only Starbucks outlet in Bali that has a drive thru service system. Analysis of marketing strategy and knowing the marketing strategy used by using the SWOT analysis method is the author's analysis method uses qualitative analysis methods. This research was also conducted using the SWOT method, looking for external and internal factors of the company by using the IFAS and EFAS matrices, knowing the company'sposition in the SWOT quadrant, and looking for alternative strategies used in the company. Methods of data collection are done by means of observation, interviews, questionnaires, and documentation. The results of the research are about the identification of the 7 elements of the marketing mix owned by Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar. The results showed that Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar was in quadrant I (one). This position indicates that Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar is a strong and potential company. The recommended strategy is an aggressive strategy (growth-oriented strategy) which means utilizing drive thru services and Starbucks Reward Cards that are owned by Starbucks to bring in customers during the COVID-19 pandemic.
Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Housekeeping The Ritz Carlton Bali Kezia Mirna Wastuty; I Wayan Eka Sudarmawan; I Wayan Restu Suarmana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i3.357

Abstract

Karyawan dapat diartikan sebagai motor penggerak suatu perusahaan. Pelatihan dan motivasi merupakan cara untuk meningkatkan prestasi kerja. Dilihat dari fenomena unik yang didapat dari penelitian, adanya peningkatan prestasi kerja karyawan housekeeping The Ritz Carlton Bali yang cukup signifikan dari tahun 2020 hingga 2021 dimana peningkatan tersebut cukup sulit didapatkan di tahun sebelumnya. hal ini merupakan pencapaian terbaru untuk department housekeeping. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu fenomena apakah peningkatan prestasi kerja karyawan Housekeeping di The Ritz Carlton Bali dipengaruhi oleh pelatihan dan motivasi atau dipengaruhi oleh faktor lainnya. Jenis penelitian yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuisioner, Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sampel yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 45 orang karyawan Housekeeping dengan cara sampling jenuh / sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Secara parsial Pelatihan (X1) berpengaruh terhadap Prestasi Kerja(Y) Karyawan Housekeeping di The Ritz Carlton Bali. Secara parsial Motivasi (X2) berpengaruh terhadap Prestasi Kerja (Y) Karyawan Housekeeping di The Ritz Carlton Bali. Dan secara simultan Pelatihan (X1) dan Motivasi (X2) berpengaruh terhadap Prestasi Kerja (Y) karyawan pada Housekeeping di The Ritz Carlton Bali. simpulannya Pelatihan dan Motivasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Prestasi Kerja karyawan Housekeeping The Ritz Carlton Bali. Saran Peneliti berharap Pelatihan secara virtual yang dilakukan oleh pihak Manajemen The Ritz Carlton Nusa Dua Bali lebih dikembangkan sebagai alternative yang dapat menunjang kegiatan pelatihan di era new normal ini. Employees can be interpreted as the activator of a company. Training and motivation are ways to improve job performance. Judging from the unique phenomenon obtained from the study, there was a significant increase in the work performance of The Ritz Carlton Bali housekeeping employees from 2020 to 2021 where the increase was quite difficult to obtain in the previous year. This is the latest achievement for the housekeeping department. So this study aims to determine a phenomenon whether the increase in the work performance of Housekeeping employees at The Ritz Carlton Bali is influenced by training and motivation or influenced by other factors. This type of research used quantitative and qualitative data with data collection methods used were Questioner, Interviews, Observations, and Documentation. The sample taken for this study amounted to 45 Housekeeping employees by sampling saturated / census. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Testing the research hypothesis using SPSS 25.0. The results of this study indicate that partially training (X1) has an effect on Work Performance (Y) for Housekeeping Employees at The Ritz Carlton Bali. Partially, Motivation (X2) has an effect on Work Performance (Y) for Housekeeping Employees at The Ritz Carlton Bali. And simultaneously Training (X1) and Motivation (X2) affect the Work Performance (Y) of employees in Housekeeping at The Ritz Carlton Bali. In conclusion, training and motivation simultaneously have a significant effect on the work performance of the Housekeeping employees of The Ritz Carlton Bali. Suggestions Researchers hope that the virtual training carried out by the Management of The Ritz Carlton Nusa Dua Bali is more developed as an alternative that can support training activities in this new normal era.

Page 1 of 3 | Total Record : 22